Jumat, 27 April 2018

MENGENAL JENIS-JENIS FREON AC


Mengenal jenis-jenis Freon
hai rekan2 semua
kali ini kita akan membahas masalah Freon, jika kita sudah membahas Freon berarti anda wajib mengetahui sebuah kata yaitu REFRIGERAN. Apakah refrigran itu. Refrigeran adalah cairan yang digunakan dalam AC dan kulkas, untuk mengambil panas dari sebuah ruang dan membuang panas di udara. Sebuah refrigeran mengalami perubahan fasa dari cair ke gas (penguapan) dan kembali ke cair (saat kompresor mengompresnya). Meskipun banyak cairan dapat digunakan sebagai pendingin, CFC menjadi refrigeran paling populer.
Freon R22





Refrigeran yang paling umum di masa lalu adalah CFC. Namun pada tahun 2000an CFC digantikan dengan HCFC (hydrochlorofluorocarbon) dan HCFC yang sering digunakan adalah “R-22”. Namun, HCFC hanya sedikit lebih baik daripada CFC karena mengandung klorin, yang berbahaya bagi lingkungan.
Pemerintah Indonesia melalui Departemen Perindustrian dan Perdagangan (41/M-IND/PER/5/2014) kemudian (40/M-DAG/PER/7/2014) dan (55/M-DAG/PER/9/2014) menetapkan mulai tahun 2015 diberlakukan implementasi HPMP (HCFC Phase-Out Management Plan). Yang artinya penghapusan Freon R22 untuk industri ini serta merevisi syarat dan ketentuan impor Bahan Perusak Ozone (BPO) dan melarang impor produk yang memakai Freon R22. Pihak dealer dan toko masih bisa menjual produk mereka sampai stock habis, dan melayani purna jual sampai dengan tahun 2030, saat dimana Freon R22 akan dihapus dari Indonesia.
Freon R417A





Pengganti untuk Freon R22 telah dirillis mulai tahun 2018 yaitu Freon refrigerant R 417a, Freon ini diklaim ramah lingkungan disbanding R22, dan dapat digunakan sebagai pengganti Freon AC yang sudah mengunakan R22 untuk pengisiannya.
Freon R410A





Untuk menghilangkan klorin dari refrigeran, produsen menciptakan satu set pendingin lain yang disebut HFC (atau Hydro Fluro Carbons). Meskipun mereka juga memiliki potensi pemanasan global, tapi tetap mereka lebih baik daripada HCFC karena mereka tidak menguras lapisan ozon. HFC yang paling umum digunakan di AC adalah R-410A. Refrigeran ini lebih baik dari R-22 dalam hal potensi “Penipisan Ozon” dan efisiensi energi, tetapi masih menyebabkan pemanasan global.
Freon R32





Freon R32 ditemukan oleh Daikin Jepang dan digunakan di produk mereka mulai tahun 2013. Freon R-32 lebih baik dari R-410A dalam hal potensi pemanasan global, akan tetapi masih merupakan HFC.

Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

BAGIAN-BAGIAN OUTDOOR AC SPLIT

BAGIAN-BAGIAN OUTDOOR AC SPLIT Hai rekan2 semua Kali ini saya akan posting bagian bagian outdoor ac beserta fotonya, bagian ac outdoor...